Blogger Full Time atau Blogger Part Time?


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Bertemu lagi bersama tulisanku, masih di blog dan hati yang sama. Apa kabar kamu? Semoga sehat dan bahagia selalu yaaa...

Artikel ini ditulis masih dalam rangka #BPN30DayChallenge2018 yang telah memasuki hari ke 22. Karena satu dan lain hal, artikel ini saya tulis pada hari ke 26 (16 Desember 2018) tantangan ini. Jadi, saya harus ngebut menulisnya. Tema hari ini adalah Pilih Menjadi Blogger Full Time atau Blogger Part Time?. Mau tau apa pilihan saya? Baca hingga titik terakhir artikel ini.



Saya menjalankan blog ini atas dasar ingin curhat sehingga menjadikan ini sebagai hobi. Jika melihat para blogger lain, sangat banyak yang menjalankan sebuah blog sebagai salah satu sumber penghasilan. Seperti dengan menyediakan layanan pasang iklan, mereview produk atau endorse, mempromosikan usaha sendiri hingga yang paling sering adalah bermain Google Adsense.

Ada juga para blogger yang memutuskan untuk menjadi Blogger Full Time. Dengan menargetkan beberapa artikel per hari hingga selalu melakukan promosi barang dan jasa lainnya. Biasanya blogger yang menjalankan secara full time adalah mereka yang memiliki trafik blog sangat tinggi. Penghasilan seorang blogger profesional pun tak main-main, bisa hingga puluhan juta rupiah. Mungkin juga ada yang sampai hingga ratusan juta? Bisa jadi, saya kurang tau tentang hal itu.

Banyak pula yang menjadi Blogger Part Time dan mendapatkan pemasukan dalam hal ini.



Jika saya mendapatkan pertanyaan mengenai "Pilih menjadi Blogger Full Time atau Blogger Part Time?". Maka saya akan menjawab Part Time. Kenapa demikian? Karena saya menjalankan blog hanya untuk hobi. Saya jugan ingin memiliki hal lain dalam kehidupan nyata. Bukannya tidak ingin menjadi seorang Blogger Full Time. Tapi, saya rasa itu sangat berat. Karena membutuhkan kreatifitas tingkat tinggi dan pemikiran serta wawasan yang sangat luas. Apalagi mempertahankan kualitas artikel dengan sangat baik. Belum lagi mengerjakan project dari client. Butuh pertahanan diri tingkat tinggi untuk menjalankannya.

Bukannya profesi lain tidak membutuhkan kualitas yang tinggi. Tapi, jika menjadi blogger full time rasanya saya seperti tidak sanggup. Karena, menjalankan blog ini saja saya membutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkan niat untuk menulis. Ada saat dimana saya memiliki ide artikel tapi malas untuk menulis, ada juga saat saya ingin sekali menulis artikel tapi tidak tau mau menulis apa. Hal seperti itulah yang membuat saya tidak memilih menjadi blogger full time.

Saya ingin menjadi seorang Blogger Part Time agar saya tetap dapat melakukan hobi saya ngeBlog meskipun memiliki kesibukan di dunia nyata nanti. Oh iya, sekedar info selama ini saya belum menghasilkan rupiah ataupun dollar dari menjalankan blog. Mungkin karena saya kurang menekuni kegiatan ini. Saya jauh tertinggal dari blogger lainnya. Tapi, tak apa yang penting saya selalu bahagia ketika menulis artikel. Apalagi jika melihat ada yang meninggalkan komentar di blog ini. Saya juga bahagia karena tau selalu ada yang berkunjung di blog ini setiap harinya. Meskipun tidak ramai, tapi saya tetap bahagia. 

Demikianlah tulisanku ini, semoga kamu terhibur. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga titik terakhir. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.


EmoticonEmoticon