Skip to main content

Tak Perlu Kau Sesali yang Sudah Berlalu


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Bertemu lagi bersama tulisanku, masih di blog dan hati yang sama. Apa kabar kamu? Semoga sehat dan bahagia selalu yaaa...

Kebut... kebut... kebut... terussss... Artikel ini masih dalam rangka #BPN30DayChallenge2018 hari ke 23 (padahal saya menulis ini pada hari ke 27). Tema hari ini adalah Hal yang disesali saat ini. Okelah saya sedang kejar setoran artikel dalam tantangan ini. Cukup dulu sapaan saya, mari lanjutkan ke tulisan yang sesungguhnya.

Penyesalan selalu datang belakangan. Terkadang ketika kita bertindak atau mengambil keputusan membawa penyesalan pada akhirnya. Berpikir mengapa harus begini dan begitu hingga penimbulkan penyesalan yang panjang.

Tak ada manusia yang luput dari kesalahan. Begitu pula dengan sebuah penyesalan. Penyesalan biasanya datang dengan kekecewaan, kesedihan, dan keterpurukan yang amat dalam. Disertai dengan berbagai per-andai-andai-an. Andai saya memilih yang itu, pasti tidak begini jadinya. Andai saya memilihnya dulu, pasti tidak begini akhirnya. Andai dulu saya tidak seperti itu, maka saya tidak akan berakhir seperti ini. Dan masih sangat banyak ungkapan penyesalan yang sering diutarakan oleh banyak orang termasuk saya.


Dulu, seringkali saya memiliki penyesalan yang amat dalam seperti kata-kata berikut ini

"Kalau saya tau begini nilaiku, pasti sa akan belajar lebih baik."
"Kalau sa tau beginiji, mending sa nda usah datang."
"Kalau sa tau, sa nda mau pergi."
"Kalau sa tau, lebih baik sa nda kasih tau."
"Kalau sa tau akan se sesak ini, mending nda usah dilakukan."
"Kenapa sa begini sekali kah kasihan, padahal dulu ndaji."

Begitulah kira-kira beberapa kata penyesalan yang pernah terlontar dipikiranku. Kalimatnya agak sedikit klise, saya bingung bagaimana menjelaskan spesifiknya. Kalian berusaha mengerti sajalah.

Terkadang muncul pikiran semacam penyesalan tentang pencapaian saya saat ini. Apa yang disesalkan? Karena saya merasa belum mencapai apapun yang dapat dibanggakan hingga saat ini. Saya ingin sesuatu yang dapat dibanggakan. Tapi, saya sadar betul akan apa yang saya lakukan. Saya tidaklah pantas akan hal yang tidak begitu saya perjuangkan. Saya tidak pernah berjuang dengan sangat keras agar semuanya terwujud. Itulah beberapa hal yang mungkin dapat saya katakan sebuah penyesalan.


Meskipun memiliki beberapa penyesalan. Namun, saya memutuskan untuk berhenti menyesali apa yang sudah berlalu. Karena, sedalam apapun penyesalan itu, seluas apapun penyesalan itu. Sesering apapun dipikirkan, sesering apapun berandai-anda. Itu semua tidak akan pernah mengubah apa yang telah berlalu. Yang dapat saya lakukan adalah menerima kesalahan-kesalahan itu dan menjadikan pelajaran untuk lebih serius menata hidup ke depannya. Agar tak akan ada lagi yang perlu disesali nantinya.

Saya tidak bisa berkata tidak mungkin jika suatu saat saya akan menyesali sesuatu. Tapi, saya akan terus berusaha menjalankan semuanya dengan penuh keyakinan, kebahagiaan, dan tidak merumitkan yang sederhana. Sehingga kelak jika memang ada yang perlu disesali. Hal itu hanyalah sesaat tanpa sebuah penyesalan yang dalam. Menikmati hidup dengan sebaik mungkin. Setiap jalan yang dipilih, pasti akan membawa kepada sesuatu yang berarti pada akhirnya.

Demikianlah tulisanku ini, semoga kamu terhibur. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga titik terakhir. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bersabarlah Dalam Penantianmu, Jodoh Pasti Bertemu

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Kita berjumpa lagi, masih disini. Semoga kamu yang sedang baca ini, selalu diberi kekuatan untuk menjalani hari.

Entah kenapa, setiap membuka instagram ataupun facebook. Selalu saja ada pembahasan tentang jomblo, jodoh, mantan. Hmmm... Oleh karena itu, pembahasan kali ini tentang jodoh.

Bagi yang single, pasti sering mencari kata-kata mutiara tentang jodoh *sebagian orang sih, termasuk saya haha*. Ini dilakukan dalam rangka menyemangati hati yang masih sendiri ahhhhayyyy.
BACA JUGA
Berjuang Dalam Diam : Jodoh Diwaktu yang Tepat
Nah buat kamu yang merasa senasib, Bersabarlah Dalam Penantianmu, Jodoh Pasti Bertemu. Berikut beberapa gambar dari instagram yang akan menghibur dan menguatkanmu dalam menanti jodohmu yang entah ada dimana.


1. Konsisten dengan status SINGLE mu dari tahun ke tahun
Mungkin kamu terlalu nyaman dengan status single mu sehingga begitu konsisten haha. 
2. Bersabar melihat dia yang tak lagi sendiri

 gambarnya kurang jelas …

Tips Buat Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menemukan Judul Skripsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Berjumpa lagi kita. Semoga saya, kamu, dan kita semua selalu diberi kekuatan untuk menjalani hidup yang penuh rintangan.

Apa kabar mahasiswa tingkat akhir? Sehat? hahaha
Sudah mulai mengerjakan SKRIPSI? atau masih bingung cari judul skripsi?
 Jika masih bingung, silahkan disimak postingan ini sampai habis ya :)

SKRIPSI atau Tugas Akhir menjadi perjuangan akhir bagi para mahasiswa S1. Disinilah banyak hal-hal yang selama dimasa perkuliahan tidak pernah dialami namun ketika menyusun skripsi barulah hal tersebut jadi pengalaman pertama untuk kebanyakan mahasiswa (silahkan pikirkan apa kira-kira yang baru pertama kali kalian lakukan ketika menyusun skripsi).

Namun, perjuangan dalam menyusun skripsi, tidak semudah mengedipkan mata karena membalikkan telapak tangan sudah terlalu mainstream. Hal yang paling utama yang harus kita tempuh adalah menemukan JUDUL SKRIPSI. Disinilah langkah awal yang benar-benar membingungkan.
BACA JUGA
Anak KuliahSKR…

Road to MotoGP 2017

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Berjumpa lagi bersama saya, masih dengan orang yang sama dan hati yang kosong hahaha. Postinganku kali ini akan berbeda dari postingan saya yang terdahulu. Bukan tentang curahan hati saya. Melainkan saya akan membahas tentang MotoGP hehe...

Sebagai pecinta MotoGP dan kamu , sudah sangat lama saya ingin menulis sesuatu tentang itu di blogku. Tapi, karena oh karena satu dan lain hal. Saya baru berani menuliskannya. Yeaaah MotoGP 2017 sebentar lagi akan dimulai jangan sampai ketinggalan buat kalian GP mania, live race perdana nanti akan dimulai 26 Maret. Yang pastinya Losail International Circuit Qatar kembali menjadi pembuka di tahun ini. Berikut Jadwal MotoGP 2017
Untuk jam tayangnya mungkin akan disesuaikan seperti tahun-tahun sebelumnya.
BACA JUGA
6 Seri Awal MotoGP yang Penuh Drama Tak TerdugaKilas Balik MotoGP 2017
Untuk tahun ini ada 6 tim pabrikan yang akan berlaga di MotoGP yaitu Aprilia, Ducati, Honda, KTM, Suzuki, Yamaha.
Tentu s…