2019/08/09

Pengalaman Mengikuti Seleksi Penerimaan CPNS 2018 (Dari Awal Hingga Lulus)


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Bertemu lagi bersama saya, masih di sini blog dan hati yang sama. Apa kabar kamu? Semoga sehat dan berbahagia selalu yaaa.

Saya ingin berbagi cerita nih sama kamu pembaca setia blog ini. Siapa tau dapat sedikit membantu buat kamu yang ingin mengikuti seleksi CPNS. Saya akan menuliskan pengalaman tes CPNS 2018. Alhamdulillah saya lulus di salah satu Instansi Daerah.

Kabarnya Pemerintah akan kembali membuka Seleksi CPNS 2019. So, semoga apa yang akan saya tuliskan di artikel ini dapat menerangkan hati & pikiranmu.

Ada 3 tahapan utama yang harus dilewati dalam SELEKSI CPNS yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar, & Seleksi Kompetensi Bidang. Ketiga tahapan tersebut haruslah diikuti dengan bersungguh-sungguh. Kenapa demikian? Mari simak penjelasan berikut...

1. Seleksi Administrasi


Tahapan pertama yang harus dilalui adalah seleksi administrasi. Tahapan ini adalah satu langkah paling penting untuk menuju ke tahap akhir. Tidak sedikit kasus karena kurang memperhatikan tahap ini berakhir kegagalan bahkan saat telah sampai ke tahap akhir (pemberkasan). Karena kurang memperhatikan persyaratan awal.

Kita harus benar-benar memperhatikan formasi & persyaratan yang ada. Sehingga berkas yang harus disiapkan dan dikumpulkan harus lengkap dan tepat.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)


Selanjutnya adalah SKD, biasanya menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Pada tahapan ini, persiapkan diri dengan baik. Karena, kita akan dihadapkan dengan 3 jenis tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap tes ada Passing Grade yang harus dilewati yaitu TWK 75, TIU 80, TKP 143.

Berikut adalah seputaran materi yang harus dipelajari untuk setiap jenis soalnya.


Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisikan tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara dan Bahasa Indonesia.



Tes Intelegensi Umum (TIU) berisi tentang Kemampuan Verbal, Numerik, Figural, Berpikir Logis dan Analitis.



Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisi tentang Sosial Budaya, Kreativitas dan Inovasi, Profesionalisme, dan sebagainya.

Pada saat SKD sayang sekali saya tidak berhasil lolos Passing Grade. Karena, mendapat skor TKP yang kurang 2. Skor SKD saya pada saat itu adalah TWK 105 TIU 90 TKP 141. Pada saat itu rasanya hati saya baik-baik saja hehe.

Saya mempersiapkan tes ini dengan semangat. Ada banyak materi yang saya peroleh dari tes CPNS 2017 . Selalu berlatih menjawab soal-soal kemudian memeriksa jawaban dan menghitung skor sendiri. Nyatanya usaha tersebut belum maksimal.

Alhamdulillah keajaiban muncul, saya melaju ke tahapan selanjutnya berdasarkan peringkat (P2). P2 diberlakukan karena formasi yang saya lamar tidak ada yang memenuhi passing grade.

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)


Pada tahapan ini yang dipelajari lebih ke bidang masing-masing. Seperti posisi yang saya lamar adalah Pengelola Data Statistik. Sehingga ketika tes soal-soal yang muncul semua tentang Statistik.

Tes ini juga menggunakan sistem CAT, sehingga skor yang akan diperoleh langsung diketahui. SKB diikuti oleh 3 x kuota formasi. Karena, formasi yang saya lamar hanya tersedia 1 kuota. Jadilah yang melaju ke perengkingan ada 3 orang termasuk saya. Untung 2 peserta lainnya adalah senior dan teman saya dan tes dihari yang sama. Sedemikian hingga ketika sesi SKB selesai. Kami dapat langsung saling menghitung skor dengan rumus 40% SKD + 60% SKB. Alhamdulillah saya unggul dengan skor sangat tipis dengan teman lainnya.


Selesai tahapan SKB, kita akan dihadapkan dengan situasi deg deg menunggu Pengumuman Resmi Hasil Integrasi SKD Dan SKB. Meskipun sudah tau hasilnya, rasanya tetaplah sangat deg deg dan lemah tapi bahagia hehe. Berikut ss dari pengumuman saya.


Selanjutnya saya melewati tahapan Pemberkasan Akhir sekaligus penantian menunggu keluarnya NIP & SK

Perjalanan ini masih panjang, semoga semua berjalan dengan baik.

Buat kamu yang akan Mengikuti Seleksi CPNS 2019, selamat berjuang. Semoga kamu berhasil. Aamiin.

"Terima kasih kepada Allah yang telah memberikan hamba nikmat seperti ini.
Terima kasih kepada Mama & Bapak yang tak hentinya berdoa dan mendukung dengan sepenuh hati dengan begitu tulusnya.
Terima kasih kepada mereka yang dengan tulus mendoakan kelulusan ini.
Saya percaya, semua ini berkat doa tulus dan dukungan kalian semua sehingga Allah mengabulkan ketulusan tersebut."

Demikianlah tulisanku ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dan tidak berkenan dihatimu. Terimakasih telah membaca dengan setia hingga titik terakhir.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

3 comments:


EmoticonEmoticon