Skip to main content

Pengalaman Mengikuti Tes CPNS 2017 (Kemenkumham & Kemdikbud)


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Bertemu lagi di blog ini, apa kabar kamu? Semoga sehat dan bahagia selalu yaaa.

Kali ini saya akan membahas tentang Pengalaman Tes CPNS 2017 di Kemenkumham dan Kemdikbud

Apakah kalian termasuk peserta tes CPNS 2017? Semoga kalian yang baca ini termasuk yang lolos ya. Tes CPNS 2017 belumlah rejeki saya. Tapi, pengalaman untuk mengikuti seleksi ini sangatlah luar biasa. Oleh karena itu saya akan berbagi pengalaman ini. Semoga bisa sedikit memberi pencerahan bagi yang ingin mengikuti Seleksi CPNS 2018. Katanya Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka pasca PILKADA (Pemilihan Kepala Daerah). Jadi perkiraan sekitar bulan juni-juli 2018 (menurut berita yang saya baca). Berikut pengalaman saya


1.  Mengikuti Seleksi CPNS Kemenkumham 2017



Pada tahun 2017, pendaftaran CPNS Periode I dibuka hanya untuk 2 instansi yaitu Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia) & MA (Mahkamah Agung). Diantara banyaknya posisi CPNS yang terbuka, ada satu posisi yang banyak peminat yaitu Penjaga Tahanan. Hal ini dikarenakan pada CPNS 2017 Dibutuhkan 14.000 Penjaga Tahanan. Salah satu syarat untuk dafar menjadi penjaga tahanan ialah min. SMA, minimal tinggi 155 cm (wanita) & 160 cm (pria), dan ada beberapa lagi persyaratan yang lainnya. Dan yang utama semua kelengkapan berkas di kirim melalui Kantor Pos.

Ketika CPNS Periode I dibuka, saya juga ikut serta untuk mendaftarkan diri dan memilih posisi sebagai Penjaga Tahanan. Ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui agar lulus.

1. Pendaftaran Online & Pengiriman berkas
2. Verifikasi berkas & pengukuran tinggi badan
3.  SKD (Seleksi Kompetensi Dasar = Tes CAT CPNS)
4. SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)

Pada waktu itu untuk tahapan pertama, Alhamdulillah berkas yang saya kirim sampai tepat waktu & dapat lanjut ke tahapan selanjutnya. Pada bagian Verifikasi berkas & pengukuran tinggi badan juga dapat saya lalui. Setelah melalui 2 tahap, saatnya untuk melaju pada tahap SKD dengan menggunakan Tes CAT.

Beberapa minggu sebelum tes dengan menggunakan sistem CAT seharusnya bisa dimanfaatkan dengan belajar. Materi tes yang terdiri dari 3 jenis soal yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), & TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Jika ketiga materi itu bisa dikuasai, pasti akan lolos tahap selanjutnya.

Ketika akan lanjut ke tahap SKD, jujur saja saya tidak sempat mempelajari materi-materi itu. Saat tes pun saya berusaha menjawab sebisa dan semampunya dengan menggali kembali ingatan materi pelajaran ketika di Sekolah dulu. Skor nilai juga bisa langsung dilihat setelah ujian. Jadi, kita sudah tau apakah akan lulus atau tidak. Nilai kelulusan dilihat dari apakah kita bisa mencapai atau melewati Passing Grade yang telah ditentukan. Adapun passing grade (PG) dari ketiga tipe soal itu adalah TWK 75, TIU 80, TKP 143. Jika tidak mencapai pada skor itu maka dianggap gagal. Pada waktu itu saya termasuk yang gagal dengan memperoleh TWK 65, TIU 100, TKP 142. Langkah saya pun terhenti pada tahap ini.


2. Pengalaman Mengikuti Seleksi CPNS Kemdikbud 2017



Kegagalan pada CPNS Periode I tahun 2017 bukanlah alasan untuk berhenti mencoba. Ada sekitar 60an K/L yang membuka lowongan pada saat itu. Nah, saya juga ikut serta mendaftar. Awalnya ketika mendapat informasi ini atau pengumuman resminya, terlebih dulu saya mencari formasi atau posisi apa saja yang menerima dan sesuai dengan latar pendidikan saya. Dan ternyata, untuk jurusan saya hanya ada beberapa kementerian saja (kurang lebih 7 Kementerian dengan sedikit formasi).

Saya melamar di Kemdikbud untuk posisi Auditor. Sama seperti CPNS Periode 1, pendaftaran dilakukan melalui web SSCN BKN. Ketika mengikuti seleksi ini, saya hanya mampu memperoleh skor 345 dengan TWK 90, TIU 95, TKP 160. Karena, berada di peringkat 68 maka saya pun gagal untuk melaju ke tahap selanjutnya. Sepertinya usaha saya kurang dan keberuntungan belum berpihak. 


Demikianlah pengalaman saya, semoga memberi sedikit pencerahan.

Doakan semoga saya bisa lulus pada CPNS periode ini yaaa hehe

[PDF] Materi & Soal Lengkap CAT CPNS




Comments

  1. numpang tanya...itu kan setiap tesnya tanggalnya sampe beberapa hari...misal tes CAT 30 oktober - 3 november...apa tesnya bener-benar sampe berhari hari gitu?atau itu cuma buat antri peserta aja alias bisa cuma sehari saja?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma buat antri peserta dan hanya sehari saja tesnya 😊

      Delete
    2. oh bagus lah...dan 1 pertanyaan lagi mbk...kalo tes dan pengukuran tinggi itu pakainnya bebas sopan ato ada dress code nya??thanks

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bersabarlah Dalam Penantianmu, Jodoh Pasti Bertemu

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Kita berjumpa lagi, masih disini. Semoga kamu yang sedang baca ini, selalu diberi kekuatan untuk menjalani hari.

Entah kenapa, setiap membuka instagram ataupun facebook. Selalu saja ada pembahasan tentang jomblo, jodoh, mantan. Hmmm... Oleh karena itu, pembahasan kali ini tentang jodoh.

Bagi yang single, pasti sering mencari kata-kata mutiara tentang jodoh *sebagian orang sih, termasuk saya haha*. Ini dilakukan dalam rangka menyemangati hati yang masih sendiri ahhhhayyyy.
BACA JUGA
Berjuang Dalam Diam : Jodoh Diwaktu yang Tepat
Nah buat kamu yang merasa senasib, Bersabarlah Dalam Penantianmu, Jodoh Pasti Bertemu. Berikut beberapa gambar dari instagram yang akan menghibur dan menguatkanmu dalam menanti jodohmu yang entah ada dimana.


1. Konsisten dengan status SINGLE mu dari tahun ke tahun
Mungkin kamu terlalu nyaman dengan status single mu sehingga begitu konsisten haha. 
2. Bersabar melihat dia yang tak lagi sendiri

 gambarnya kurang jelas …

Tips Buat Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menemukan Judul Skripsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Berjumpa lagi kita. Semoga saya, kamu, dan kita semua selalu diberi kekuatan untuk menjalani hidup yang penuh rintangan.

Apa kabar mahasiswa tingkat akhir? Sehat? hahaha
Sudah mulai mengerjakan SKRIPSI? atau masih bingung cari judul skripsi?
 Jika masih bingung, silahkan disimak postingan ini sampai habis ya :)

SKRIPSI atau Tugas Akhir menjadi perjuangan akhir bagi para mahasiswa S1. Disinilah banyak hal-hal yang selama dimasa perkuliahan tidak pernah dialami namun ketika menyusun skripsi barulah hal tersebut jadi pengalaman pertama untuk kebanyakan mahasiswa (silahkan pikirkan apa kira-kira yang baru pertama kali kalian lakukan ketika menyusun skripsi).

Namun, perjuangan dalam menyusun skripsi, tidak semudah mengedipkan mata karena membalikkan telapak tangan sudah terlalu mainstream. Hal yang paling utama yang harus kita tempuh adalah menemukan JUDUL SKRIPSI. Disinilah langkah awal yang benar-benar membingungkan.
BACA JUGA
Anak KuliahSKR…

Road to MotoGP 2017

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Berjumpa lagi bersama saya, masih dengan orang yang sama dan hati yang kosong hahaha. Postinganku kali ini akan berbeda dari postingan saya yang terdahulu. Bukan tentang curahan hati saya. Melainkan saya akan membahas tentang MotoGP hehe...

Sebagai pecinta MotoGP dan kamu , sudah sangat lama saya ingin menulis sesuatu tentang itu di blogku. Tapi, karena oh karena satu dan lain hal. Saya baru berani menuliskannya. Yeaaah MotoGP 2017 sebentar lagi akan dimulai jangan sampai ketinggalan buat kalian GP mania, live race perdana nanti akan dimulai 26 Maret. Yang pastinya Losail International Circuit Qatar kembali menjadi pembuka di tahun ini. Berikut Jadwal MotoGP 2017
Untuk jam tayangnya mungkin akan disesuaikan seperti tahun-tahun sebelumnya.
BACA JUGA
6 Seri Awal MotoGP yang Penuh Drama Tak TerdugaKilas Balik MotoGP 2017
Untuk tahun ini ada 6 tim pabrikan yang akan berlaga di MotoGP yaitu Aprilia, Ducati, Honda, KTM, Suzuki, Yamaha.
Tentu s…