Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu...

Bertemu lagi masih bersama saya, dengan orang yang sama, di blog yang sama dan hati yang selalu sepi hahaha. Apa kabar kamu? Semoga sehat dan bahagia selalu ya...

Umat muslim di dunia saat ini sedang menjalankan ibadah puasa selama 30 hari di bulan Ramadan. Sebagai seorang muslim tentu saja ini merupakan kewajiban bagi yang sudah baligh. Apa saja pengalamanmu selama puasa ini? Sudah ada yang ucapin selamat berbuka? atau yang bangunin sahur? atau yang ajakin bukber? Jika belum, berarti kita sama hahaha. Jangan-jangan kamu jodohku ahhhaaaaaaaa... 

 Selama bulan puasa kita seharusnya lebih memperbaiki diri lagi. Menahan lapar, haus, nafsu, dan amarah agar puasa kita menjadi sah. Eitssss jangan lupa tetap jalankan kewajiban 5 waktu agar puasamu tidak hanya mendapatkan rasa lapar dan haus saja. Buat anak sekolahan, yang semangat ya dek isi buku ramadhan. Cieee yang mengejar tanda tangan penceramah hehe. Semangat juga ya dalam mengikuti pesantren kilat.
Buat yang tidak memiliki kegiatan, tolong jangan hanya tidur. Masa iya tidur dari selesai shalat subuh hingga bunyi bedug magrib. Tidurnya orang puasa adalah ibadah. Tapi, tidak tidur seharian juga kallleeeee.

Hm... saya ingat percakapan antara mama dan adikku. Ketika mama bertanya apa menu buka puasa kita hari ini (puasa pertama). Jawaban adikku sungguh bijak katanya begini

"Ma, terserahmi mau buka pake apa. Biar teh dan gabing saja bisaji juga. Janganmi terlalu repot ma. Ingat puasa itu ibadah dan seharusnya kita bisa lebih irit. Tapi, kenapa ketika bulan puasa justru pengeluaran sehari-hari menjadi 2 kali lipat dari hari biasa"
Kurang lebih seperti itu jawaban dari adikku. Ada kata-kata yang saya tambahkan, soalnya lupa apa lagi yang dia katakan.
Dan saya setuju dengan hal itu. Ketika bulan puasa, ada saja perencanaan-perencanaan mau makan ini itu tambah yang itu terus yang itu juga eh yang itu juga deh. Seakan-akan dan seolah-olah kita mampu menghabiskan semuanya pas buka nanti. Alhasil ketika berbuka puasa yang dimakan sedikit yang tersisa banyak. Kan jadi mubazir. Bukankah kita berpuasa karena itu adalah ibadah. Dan membuat kita merasakan bagaimana rasanya kelaparan dan kehausan. Itupun hanya beberapa jam. Bagaimana dengan nasib saudara-saudara kita di luaran sana yang berada dalam kemiskinan dan dilanda kelaparan dan kehausan. Hal ini seharusnya membuat kita untuk lebih meningkatkan iman kepada Allah dan membuat kita untuk selalu bersyukur.

Bagaimana bacaan Al-Qur'an kalian di bulan puasa ini? sudah sampai juz berapa? Sudah khatam berapa kali?
Semoga target kalian tercapai ya.

Demikianlah untuk kali ini~

Selamat menjalankan ibadah puasa :)

1 komentar

Haha sama.
Jadi inget dulu waktu sd ngisi buku ramadhan, eh pas udah lebaran bukunya ga di minta.
Jawaban yang bijak adikmu risda :D
Hehe alqur'anya dah nyampe 0


EmoticonEmoticon