2021/10/02

Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta di Youtube


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Bertemu lagi bersama tulisan saya, masih di sini. Blog yang sama dan hati yang entah untuk siapa.

Apa kabar kamu? Semoga sehat dan bahagia selalu yaaa...

Tulisanku kali ini ingin membahas masalah klaim hak cipta di youtube. Adakah yang sedang mengalami ini? Merasa sound/backsound yang digunakan termasuk nocopyright. Tapi, kok masih dapat klaim hak cipta?

Nah, karena itu saya ingin berbagi cara saya mengatasi klaim hak cipta di youtube

Entah sudah berapa kali saya mendapatkan klaim hak cipta. Padahal, backsound yang saya gunakan untuk video katanya 'NoCopyright'. Tapi, tetap saja ada klaim dadakan. Entah ini memang klaim yang sebenarnya atau ada yang 'iseng'. Karena, katanya banyak klaim 'iseng' yang sering terjadi.

Ada 2 cara utama saya mengatasi hal ini. Berikut adalah 2 Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta di Youtube versi Risukaid :)

1. Mengganti backsound yang kena klaim hak cipta

Cara pertama yang saya pilih ya ini. Mengganti backsound nya. Kenapa? Karena, saya mengaku salah  tidak menggunakan music atau sound yang digunakan oleh youtube. 

Ada beberapa channel yang awalnya memang menyediakan backsound atau musik gratis. Namun, tiba-tiba musik nya berubah dan dilindungi hak cipta. Pasti ada alasan tertentu kenapa mereka tidak lagi menyediakan musik gratis. Dan semua yang menggunakan musik yang 'gratis' itu terkena imbasnya. 

Kalau dapat pemilik hak cipta yang baik, kamu masih sangat beruntung. Karena, pemilik hak cipta memberi info terlebih dahulu kepada semua subscriber yang telah menggunakan musiknya. Dan dapat mengajukan permohonan untuk dilepas klaim hak cipta dan dapat dimonetize kembali.

2. Menyengketakan klaim hak cipta


Cara kedua adalah dengan menyengketakan hal ini. Kenapa saya berani untuk mengajukan banding terhadap klaim ini? Karena, saya yakin telah mengikuti prosedur penggunaan musik tersebut.

Kalian bisa liat email di atas. Saya mendapatkan klaim hak cipta terhadap sound yang saya gunakan. 

Awalnya saya ingin, mengganti atau membisukan sound nya. Tapi, karena backsound yang saya gunakan dari audio library. Makanya saya berani mengajukan banding


Musik atau backsoundnya saya ambil dari channel Audio Library - Music for content creators. Sepengetahuan saya, channel ini musiknya gratis. Dan ada instruksi yang dilakukan seperti menulis credit di deskripsi video kita. Dan saya selalu mengikutinya. Maka saya berani mengajukan sengketa hehe


Pada saat mengajukan sengketa, ada banyak pilihan alasan kenapa kita yakin bahwa musik ini tidak masalah atau gratis untuk digunakan. Dan saya memilih, karena memiliki izin untuk menggunakan musik ini.

Agak khawatir mengajukan ini. Karena, taruhannya adalah channel saya. Saya tidak sembat meng-capture tata cara nya. Yang jelas pada langka terakhir akan diminta alasan kenapa kamu yakin. Dan saya menjelaskan panjang lebar alasan saya. Kira-kira seperti ini penjelasan saya



Yang diatas hanya contoh ya. Ini adalah email saya pada email aduan yang disediakan Audio Library

Sedangkan pada kotak dialog sengketa di Youtube saya menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, lebih yakin buat menjelaskan alasannya. 

Saya menjelaskan telah mengikuti instruksi yang disediakan oleh audio library. Saya sudah memberi credit di deskripsi video saya. Terus kenapa masih dapat klaim hak cipta?

Dannnnn setelah beberapa jam kemudian. Saya mendapatkan email di bawah ini


Yeahhhhh... Alhamdulillah masalah terselesaikan. 

Demikian tulisan saya ini, semoga bisa membantu.

Terimakasih telah membaca tulisan saya hingga titik terakhir. ♡

Berkreasi dalam tulisan tanpa menyakiti penikmat tulisan.

Comments


EmoticonEmoticon