Otomatis Share Postingan Kebanyak Media Sosial Dengan IFTTT


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Berjumpa lagi bersama tulisan saya, masih disini di blog dan hati yang sama hahaha. Apa kabar kamu? Iya kamuuuuuuu yang sedang melihat ini. Semoga kamu dalam keadaan sehat dan bahagia yaaa.

Postingan ini akan membahas tentang Cara otomatis berbagi postingan kebanyak media sosial dengan IFTTT. Dengan cara ini kamu bisa berbagi postingan apa saja kebanyak media sosial yang kamu miliki. Postingan ini khususnya akan memperlihatkan cara berbagi postingan blog kebanyak media sosial secara otomatis. Jadi, buat kamu yang ingin tau bagaimana caranya. Simak postingan ini hingga titik terakhir yaaa.

Seringkali ketika menulis di blog, postingan terbaru akan dibagikan secara manual satu persatu ke media sosial yang kita miliki. Tentu saja hal ini akan lebih membahagiakan jika setelah mempublikasikan postingan terbaru. Maka, pada saat itu juga postingan akan terbagi otomatis kebanyak medial sosial.

Ternyata, untuk membagikan satu postingan terbaru ke banyak media sosial sangatlah mudah lho. Salah satunya kamu bisa secara otomatis membagikan postingan blog ke banyak media sosial yang kamu miliki dengan bantuan IFTTT.

IFTTT atau If This Then That adalah aplikasi yang menyediakan banyak fitur menarik terutama untuk menghubungkan 2 aplikasi web menjadi satu. Atau bahasa yang mudah dimengerti menghubungkan otomatis blog ke media sosial.

Untuk mempermudah pemahaman kamu, berikut ini Tutorial menggunakan layanan IFTTT


1. Sign up di ifttt.com




Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah DAFTAR. Kamu bisa daftar dengan akun gmail atau facebook kamu. Cukup dengan satu langkah mudah kamu sudah berhasil memiliki akun di IFTTT.


2. Mulai menggunakan IFTTT




Jika kamu bingung apalagi yang bisa kamu lakukan setelah itu, tenang saja IFTTT akan memberi petunjuk seperti gambar di atas.
Selanjutnya akan ada rekomendasi seperti di bawah ini



Kamu bisa menghubungkan instagram ke twitter, facebook ke twitter dan yang pastinya postingan terbaru blog ke akun media sosialmu.


3. Mulai membuat 'Applets' 




Pada menu 'Applets', kamu akan melihat apa saja aplikasi atau web yang telah kamu hubungkan. Kamu bisa memulainya dengan memilih apa yang kamu inginkan.

Disini saya akan memili RSS Feed supaya setiap postingan terbaru artikel ini akan otomatis terbagi ke media sosial yang saya miliki.



Mulai dengan memilih RSS Feed



Selanjutnya, saya memilih Post RSS Feed Items to Facebook. Silahkan kamu copy alamat rss blogmu. Kemudian paste kan pada kotak yang akan tersedia setelah kamu mengaktifkan layanan yang kamu pilih.




Kemudian IFTTT akan meminta izin untuk mengakses facebook kamu. Jadi, izinkan sajalahhhhhh



Akhirnya telah selesai menghubungkan blog & facebook. Jadi, setiap postingan terbaru di blog ini akan terbagi otomatis ke halaman facebook saya Risuka.id. 

Kalau kamu masih bingung dengan penjelasan di atas. Karena, kebetulan ketika daftar dan menghubungkan rss blog ini ke facebook. Saya kurang meng-capture-nya setiap tahap secara lengkap. Maka dibawah ini saya akan jelaskan lagi lebih rinci dengan menghubungkan RSS Feed blog ini ke twitter. 

Berikut langkah-langkahnya 




Pertama akan ada tulisan 'if + this then + that', Pada '+ this', saya memilih RSS Feed kemudian mem-paste-kan link rss blog ini. Setelah selesai akan terlihat seperti gambar di atas.



Langkah selanjutnya adalah memilih '+that', kemudian saya memilih twitter. Setelah memilih twitter, maka IFTTT akan meminta izin untuk terhubung ke akun twitter saya.




Izinkan atau pilih Authorize app, untuk mengizinkan rss blog ke twitter. Setelah mengizinkan, akan muncul  seperti ini:




Tadaaaaaa jadilah terhubung blog ini ke twitter saya. Kamu, bisa cek di akun twitter Risuka_id. Untuk melihat hasilnya.


Demikianlah postingan ini, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon