Skip to main content

Otomatis Share Postingan Kebanyak Media Sosial Dengan IFTTT


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Berjumpa lagi bersama tulisan saya, masih disini di blog dan hati yang sama hahaha. Apa kabar kamu? Iya kamuuuuuuu yang sedang melihat ini. Semoga kamu dalam keadaan sehat dan bahagia yaaa.

Postingan ini akan membahas tentang Cara otomatis berbagi postingan kebanyak media sosial dengan IFTTT. Dengan cara ini kamu bisa berbagi postingan apa saja kebanyak media sosial yang kamu miliki. Postingan ini khususnya akan memperlihatkan cara berbagi postingan blog kebanyak media sosial secara otomatis. Jadi, buat kamu yang ingin tau bagaimana caranya. Simak postingan ini hingga titik terakhir yaaa.

Seringkali ketika menulis di blog, postingan terbaru akan dibagikan secara manual satu persatu ke media sosial yang kita miliki. Tentu saja hal ini akan lebih membahagiakan jika setelah mempublikasikan postingan terbaru. Maka, pada saat itu juga postingan akan terbagi otomatis kebanyak medial sosial.

Ternyata, untuk membagikan satu postingan terbaru ke banyak media sosial sangatlah mudah lho. Salah satunya kamu bisa secara otomatis membagikan postingan blog ke banyak media sosial yang kamu miliki dengan bantuan IFTTT.

IFTTT atau If This Then That adalah aplikasi yang menyediakan banyak fitur menarik terutama untuk menghubungkan 2 aplikasi web menjadi satu. Atau bahasa yang mudah dimengerti menghubungkan otomatis blog ke media sosial.

Untuk mempermudah pemahaman kamu, berikut ini Tutorial menggunakan layanan IFTTT


1. Sign up di ifttt.com




Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah DAFTAR. Kamu bisa daftar dengan akun gmail atau facebook kamu. Cukup dengan satu langkah mudah kamu sudah berhasil memiliki akun di IFTTT.


2. Mulai menggunakan IFTTT




Jika kamu bingung apalagi yang bisa kamu lakukan setelah itu, tenang saja IFTTT akan memberi petunjuk seperti gambar di atas.
Selanjutnya akan ada rekomendasi seperti di bawah ini



Kamu bisa menghubungkan instagram ke twitter, facebook ke twitter dan yang pastinya postingan terbaru blog ke akun media sosialmu.


3. Mulai membuat 'Applets' 




Pada menu 'Applets', kamu akan melihat apa saja aplikasi atau web yang telah kamu hubungkan. Kamu bisa memulainya dengan memilih apa yang kamu inginkan.

Disini saya akan memili RSS Feed supaya setiap postingan terbaru artikel ini akan otomatis terbagi ke media sosial yang saya miliki.



Mulai dengan memilih RSS Feed



Selanjutnya, saya memilih Post RSS Feed Items to Facebook. Silahkan kamu copy alamat rss blogmu. Kemudian paste kan pada kotak yang akan tersedia setelah kamu mengaktifkan layanan yang kamu pilih.




Kemudian IFTTT akan meminta izin untuk mengakses facebook kamu. Jadi, izinkan sajalahhhhhh



Akhirnya telah selesai menghubungkan blog & facebook. Jadi, setiap postingan terbaru di blog ini akan terbagi otomatis ke halaman facebook saya Risuka.id. 

Kalau kamu masih bingung dengan penjelasan di atas. Karena, kebetulan ketika daftar dan menghubungkan rss blog ini ke facebook. Saya kurang meng-capture-nya setiap tahap secara lengkap. Maka dibawah ini saya akan jelaskan lagi lebih rinci dengan menghubungkan RSS Feed blog ini ke twitter. 

Berikut langkah-langkahnya 




Pertama akan ada tulisan 'if + this then + that', Pada '+ this', saya memilih RSS Feed kemudian mem-paste-kan link rss blog ini. Setelah selesai akan terlihat seperti gambar di atas.



Langkah selanjutnya adalah memilih '+that', kemudian saya memilih twitter. Setelah memilih twitter, maka IFTTT akan meminta izin untuk terhubung ke akun twitter saya.




Izinkan atau pilih Authorize app, untuk mengizinkan rss blog ke twitter. Setelah mengizinkan, akan muncul  seperti ini:




Tadaaaaaa jadilah terhubung blog ini ke twitter saya. Kamu, bisa cek di akun twitter Risuka_id. Untuk melihat hasilnya.


Demikianlah postingan ini, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Buat Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menemukan Judul Skripsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Berjumpa lagi kita. Semoga saya, kamu, dan kita semua selalu diberi kekuatan untuk menjalani hidup yang penuh rintangan.

Apa kabar mahasiswa tingkat akhir? Sehat? hahaha
Sudah mulai mengerjakan SKRIPSI? atau masih bingung cari judul skripsi?
 Jika masih bingung, silahkan disimak postingan ini sampai habis ya :)

SKRIPSI atau Tugas Akhir menjadi perjuangan akhir bagi para mahasiswa S1. Disinilah banyak hal-hal yang selama dimasa perkuliahan tidak pernah dialami namun ketika menyusun skripsi barulah hal tersebut jadi pengalaman pertama untuk kebanyakan mahasiswa (silahkan pikirkan apa kira-kira yang baru pertama kali kalian lakukan ketika menyusun skripsi).

Namun, perjuangan dalam menyusun skripsi, tidak semudah mengedipkan mata karena membalikkan telapak tangan sudah terlalu mainstream. Hal yang paling utama yang harus kita tempuh adalah menemukan JUDUL SKRIPSI. Disinilah langkah awal yang benar-benar membingungkan.
BACA JUGA
Anak KuliahSKR…

Bersabarlah Dalam Penantianmu, Jodoh Pasti Bertemu

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Kita berjumpa lagi, masih disini. Semoga kamu yang sedang baca ini, selalu diberi kekuatan untuk menjalani hari.

Entah kenapa, setiap membuka instagram ataupun facebook. Selalu saja ada pembahasan tentang jomblo, jodoh, mantan. Hmmm... Oleh karena itu, pembahasan kali ini tentang jodoh.

Bagi yang single, pasti sering mencari kata-kata mutiara tentang jodoh *sebagian orang sih, termasuk saya haha*. Ini dilakukan dalam rangka menyemangati hati yang masih sendiri ahhhhayyyy.
BACA JUGA
Berjuang Dalam Diam : Jodoh Diwaktu yang Tepat
Nah buat kamu yang merasa senasib, Bersabarlah Dalam Penantianmu, Jodoh Pasti Bertemu. Berikut beberapa gambar dari instagram yang akan menghibur dan menguatkanmu dalam menanti jodohmu yang entah ada dimana.


1. Konsisten dengan status SINGLE mu dari tahun ke tahun
Mungkin kamu terlalu nyaman dengan status single mu sehingga begitu konsisten haha. 
2. Bersabar melihat dia yang tak lagi sendiri

 gambarnya kurang jelas …

Road to MotoGP 2017

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Berjumpa lagi bersama saya, masih dengan orang yang sama dan hati yang kosong hahaha. Postinganku kali ini akan berbeda dari postingan saya yang terdahulu. Bukan tentang curahan hati saya. Melainkan saya akan membahas tentang MotoGP hehe...

Sebagai pecinta MotoGP dan kamu , sudah sangat lama saya ingin menulis sesuatu tentang itu di blogku. Tapi, karena oh karena satu dan lain hal. Saya baru berani menuliskannya. Yeaaah MotoGP 2017 sebentar lagi akan dimulai jangan sampai ketinggalan buat kalian GP mania, live race perdana nanti akan dimulai 26 Maret. Yang pastinya Losail International Circuit Qatar kembali menjadi pembuka di tahun ini. Berikut Jadwal MotoGP 2017
Untuk jam tayangnya mungkin akan disesuaikan seperti tahun-tahun sebelumnya.
BACA JUGA
6 Seri Awal MotoGP yang Penuh Drama Tak TerdugaKilas Balik MotoGP 2017
Untuk tahun ini ada 6 tim pabrikan yang akan berlaga di MotoGP yaitu Aprilia, Ducati, Honda, KTM, Suzuki, Yamaha.
Tentu s…