4 Langkah Mudah Memperpanjang Domain di RumahWeb


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Selamat pagi, siang, sore, malam untuk kamu yang sedang membaca tulisan ini. Terima kasih telah kembali atau baru berkunjung di blog ini. Apa kabar kamu? Semoga sehat dan bahagia selalu ya. 

Artikel ini akan membahas tentang Cara Memperpanjang Domain di RumahWeb. Berhubung blog ini baru saja melakukan perpanjangan masa aktif atau domain renewal dan ini adalah pengalaman pertama saya. Jadi, saya memutuskan untuk menuliskan kisahnya haha.



Oh iya, untuk Cara membeli domain atau custom domain dari blogspot ke TLD. Kamu bisa tanyakan pada mbah gugel, karena dulu saya juga begitu. Dan tutorial yang saya dapatkan dan kemudian dipraktekkan adalah artikel yang ditulis oleh mas sugeng di sugeng.id . Karena disini saya tidak akan membahas cara itu.


Lanjut ke pembahasan utama.... Silahkan disimak


1. Login ke RumahWeb



30 hari sebelum masa domain kadaluarsa, rumahweb akan memberitahukan pemberitahuan lewat email. Jika seperti itu kamu langsung saja bergegas ke akun kamu deh. Agar supaya domain kamu bisa panjang masa aktifnya.


2. Lihat pemberitahuan di RumahWeb



Setelah log ini, di beranda kamu akan lihat pemberitahuan seperti gambar di atas. Langsung saja klik atau pilih Unpaid Invoices. Kemudian, tampilannya akan seperti gambar di bawah ini



Dari gambar di atas kamu bisa lihat kejelasan yang sangat nyata akan berakhirnya domain ini. Langsung saja klik unpaid.

3. Rincian & Metode Pembayaran




Setelah kamu memilih unpaid, maka akan muncul rincian pembayaran diatas. Untuk Bank tempat pembayaran, sesuai dengan yang kamu pilih saat pertama kali beli domain yaaa.  Tapi, bisa diubah kalau kamu mau. Untuk membayar, kamu bisa klik click here to pay.



Untuk melakukan pembayaran, akan ada petunjuk pembayaran seperti gambar dibawah ini


Petunjuk pembayaran berisi total tagihan, kode invoice, dan data bank yang akan ditransfer.



Cukup dengan 3 langkah mudah : (1) Lakukan pembayaran sesuai jumlah yang tercantum pada invoice, (2) kirimkan pembayaran ke Bank yang sesuai dengan Bank pilihanmu saat memesan, (3) Lakukan konfirmasi segera setelah membayar agar cepat diproses. Jika kamu mempunyai kartu kredit, langsung bayar tanpa perlu konfirmasi.

4. Konfirmasi Pembayaran



Setelah melakukan pembayaran, kamu harus melakukan konfirmasi pembayaran. Ada 2 cara yang bisa ditempuh: melalui halaman konfirmasi atau lewat sms. Seperti cara di atas, dan setelah melakukan konfirmasi serta mengisi data yang diminta. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan seperti dibawah ini


Kamu akan diberi ID Konfirmasi untuk mengecek apakah proses pembayaran telah diproses. 
Proses konfirmasi ini terbilang sangat cepat.

Setelah proses selesai, kamu akan menerima email juga. Atau kamu bisa langsung cek di List Domain Saya seperti ini


Dannnnnnn masa berlaku telah diperpanjang hingga 2019. Ayyyyyyyeeeeee.

Langkah yang sangat mudah kan?

Demikianlah postingan ini. Semoga bermanfaat!

3 komentar

Waktu perpanjang domain itu kapan? Misalkan domain saya akan berakhir pada tanggal 10/04/2018, apa tidak bisa dibayar sebelum tanggal itu? Dan kira-kira berapa batas waktu untuk segera dibayarkan? Thanks

Sebaiknya lakukan perpanjangan domai sebelum jatuh tempo atau berakhirnya masa domain itu. Biasanya 30 hari sebelum jatuh tempo akan ada pemberitahuan. Jadi, bisa melakukan pembayaran selama masa domain belum jatuh tempo.

Thanks gan, sudah berhasil saya perpanjang...


EmoticonEmoticon