Skip to main content

Jangan Hanya Melihat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu :)

Bertemu lagi bersama saya masih dengan orang yang sama dengan hati yang sama ;)

Bagaimana malam minggu anda? Semoga indah ;)

Saya akan menuliskan sesuatu tentang jangan menilai sesuatu hanya dari apa yang kamu lihat tapi ketahuilah juga apa alasan terjadinya dari apa yang kamu lihat. Mungkin lebih singkatnya sama dengan istilah yang kita ketahui bersama yaitu Don't judge a book by its cover !
Hanya ingin menuliskan apa yang ada dipikiran saya saat ini. Dan kebetulan itulah yang terlintas dipikiran saya.

Pada dasarnya semua orang itu pasti baik. Tapi, ada saja alasan orang-orang untuk mencari celah pada seseorang yang kurang disukainya (bisa jadi benci). Entah mengapa begitu gampang untuk melihat keburukan orang lain tapi seperti buta pada keburukan diri sendiri. Ada kata-kata yang bunyinya begini
"Seribu kebaikan akan dilupakan. Tapi, satu keburukan akan di ingat selamanya".
Mengapa tidak kita ubah menjadi
"Satu keburukan telah tertutupi oleh seribu kebaikan pada seseorang"

Terkadang kita tidak menyukai seseorang hanya karena kesalah pahaman yang berlarut-larut. Tanpa saling mengetahui kalau ada sikap dari kita yang ternyata menyakiti hati orang lain. Sehingga kita akan dianggap buruk meskipun yang kita lakukan adalah hal-hal yang baik.
Kira-kira apa yang salah dengan pola pikir ini?

Beberapa hari yang lalu saya mendengar sebuah kisah. Begini kisahnya

Ada seseorang yang dianggap buruk oleh masyarakat. Hingga tiba ajalnya, mayatnya berada di pinggiran toko. Tak ada seorangpun warga yang mau mengantarkan mayat itu ke rumahnya. Padahal mereka tau siapa orang itu. Kemudian ada seorang raja yang sedang berjalan menyusuri kota. Dan dia melihat jenazah itu. Diapun heran mengapa tidak ada yang mau menyentuh mayat itu. Akhirnya sang raja pun mengantarkan mayat itu ke kediamannya. Ketika sampai di rumah itu. Raja pun disambut oleh istri dari jenazah yang baru ditemukannya. Apa yang terjadi? Istrinya menangis sekaligus tertawa di saat yang bersamaan. Sang raja pun bertanya mengapa dia menangis dan tertawa bersamaan. Lalu istrinya menjelaskan dia menangis karena suaminya meninggal. Dan dia tertawa karena mengingat suaminya pernah berkata jika dia meninggal maka raja yang akan membawa jenazahnya pulang dan itu benar terjadi. Lalu diceritakanlah ternyata jenazah itu adalah jasad seorang ulama. Masyarakat menilai buruk ulama itu karena dia sering membeli minuman keras & mengajak wanita penghibur masuk ke rumahnya. Mereka hanya menilai dari apa yang mereka lihat tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Ternyata ulama itu membeli minuman keras itu untuk di buang ketika sampai di rumah. Dan mengajak wanita penghibur ke rumahnya untuk menyantuni wanita penghibur itu agar wanita itu bertobat dan kembali ke jalan yang benar.
Kurang lebih begitu kisahnya. Maaf kalau ada yang salah.


Demikianlah tulisanku ini.
Semoga bermanfaat :)




Mari berpikir positif terhadap sesuatu yang terlihat negatif atau jadilah netral terhadap sesuatu yang tak seharusnya kamu bereaksi.

Comments

  1. yaa!!! anda betul sekali itu ... Jangan mudah dimanipulasi oleh penampilan, apa yang kita anggap baik belum tentu bagus dimata Tuhan. Orang yang kita nilai rendah ilmu dan kedudukannya, bisa jadi malah tinggi dalam pandangan Allah. Jadi, jangan biarkan orang lain menilai anda sekehendak hati, jangan pula terburu-buru sibuk berprasangka. Bukankah ada
    saat dimana diri kita dinilai rendah oleh orang lain, semua dipergilirkan. Bila saat ini
    masyarakat masih menilai kita sebagai orang baik-baik, Yakinlah, ada saatnya Allah membuka aib hambaNya dengan caraNya sendiri. Mari belajar intropeksi diri, sebelum menghakimi orang lain, belajar perbaiki diri agar tidak menimbulkan prasangka... :D

    ReplyDelete
  2. Dengan ini aku juga mulai berfikir,,, atas kesalahan ku terdahulu?

    ReplyDelete
  3. iya bener sist..,

    Cuman itu kisahnya kaya aneh gitu ya bagian 'membeli minuman untuk dibuang lagi sampai dirumah' alasannya kenapa coba...

    ReplyDelete
  4. @by rhm,
    mungkin untuk mengurangi beredarnya minuman keras. Kan kalau minuman itu hilang dari peredaran. Berarti tidak ada yang akan mengkonsumsi minuman keras itu.

    @Ariz van Error,
    maksudnya?

    @Satria Tujuh Salju,
    betul sekali bro :)

    ReplyDelete
  5. Kbiasaan yg buruk di tngah2 msyarakat, hanya mlihat ud ngeJudge. Pola pikirnya yg msti dirubah ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Buat Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menemukan Judul Skripsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Berjumpa lagi kita. Semoga saya, kamu, dan kita semua selalu diberi kekuatan untuk menjalani hidup yang penuh rintangan.

Apa kabar mahasiswa tingkat akhir? Sehat? hahaha
Sudah mulai mengerjakan SKRIPSI? atau masih bingung cari judul skripsi?
 Jika masih bingung, silahkan disimak postingan ini sampai habis ya :)

SKRIPSI atau Tugas Akhir menjadi perjuangan akhir bagi para mahasiswa S1. Disinilah banyak hal-hal yang selama dimasa perkuliahan tidak pernah dialami namun ketika menyusun skripsi barulah hal tersebut jadi pengalaman pertama untuk kebanyakan mahasiswa (silahkan pikirkan apa kira-kira yang baru pertama kali kalian lakukan ketika menyusun skripsi).

Namun, perjuangan dalam menyusun skripsi, tidak semudah mengedipkan mata karena membalikkan telapak tangan sudah terlalu mainstream. Hal yang paling utama yang harus kita tempuh adalah menemukan JUDUL SKRIPSI. Disinilah langkah awal yang benar-benar membingungkan.
BACA JUGA
Anak KuliahSKR…

Bersabarlah Dalam Penantianmu, Jodoh Pasti Bertemu

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Kita berjumpa lagi, masih disini. Semoga kamu yang sedang baca ini, selalu diberi kekuatan untuk menjalani hari.

Entah kenapa, setiap membuka instagram ataupun facebook. Selalu saja ada pembahasan tentang jomblo, jodoh, mantan. Hmmm... Oleh karena itu, pembahasan kali ini tentang jodoh.

Bagi yang single, pasti sering mencari kata-kata mutiara tentang jodoh *sebagian orang sih, termasuk saya haha*. Ini dilakukan dalam rangka menyemangati hati yang masih sendiri ahhhhayyyy.
BACA JUGA
Berjuang Dalam Diam : Jodoh Diwaktu yang Tepat
Nah buat kamu yang merasa senasib, Bersabarlah Dalam Penantianmu, Jodoh Pasti Bertemu. Berikut beberapa gambar dari instagram yang akan menghibur dan menguatkanmu dalam menanti jodohmu yang entah ada dimana.


1. Konsisten dengan status SINGLE mu dari tahun ke tahun
Mungkin kamu terlalu nyaman dengan status single mu sehingga begitu konsisten haha. 
2. Bersabar melihat dia yang tak lagi sendiri

 gambarnya kurang jelas …

Road to MotoGP 2017

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Berjumpa lagi bersama saya, masih dengan orang yang sama dan hati yang kosong hahaha. Postinganku kali ini akan berbeda dari postingan saya yang terdahulu. Bukan tentang curahan hati saya. Melainkan saya akan membahas tentang MotoGP hehe...

Sebagai pecinta MotoGP dan kamu , sudah sangat lama saya ingin menulis sesuatu tentang itu di blogku. Tapi, karena oh karena satu dan lain hal. Saya baru berani menuliskannya. Yeaaah MotoGP 2017 sebentar lagi akan dimulai jangan sampai ketinggalan buat kalian GP mania, live race perdana nanti akan dimulai 26 Maret. Yang pastinya Losail International Circuit Qatar kembali menjadi pembuka di tahun ini. Berikut Jadwal MotoGP 2017
Untuk jam tayangnya mungkin akan disesuaikan seperti tahun-tahun sebelumnya.
BACA JUGA
6 Seri Awal MotoGP yang Penuh Drama Tak TerdugaKilas Balik MotoGP 2017
Untuk tahun ini ada 6 tim pabrikan yang akan berlaga di MotoGP yaitu Aprilia, Ducati, Honda, KTM, Suzuki, Yamaha.
Tentu s…