Thursday, March 16, 2017

Tips Buat Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menemukan Judul Skripsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

Berjumpa lagi kita. Semoga saya, kamu, dan kita semua selalu diberi kekuatan untuk menjalani hidup yang penuh rintangan.

Apa kabar mahasiswa tingkat akhir? Sehat? hahaha
Sudah mulai mengerjakan SKRIPSI? atau masih bingung cari judul skripsi?
 Jika masih bingung, silahkan disimak postingan ini sampai habis ya :)

SKRIPSI atau Tugas Akhir menjadi perjuangan akhir bagi para mahasiswa S1. Disinilah banyak hal-hal yang selama dimasa perkuliahan tidak pernah dialami namun ketika menyusun skripsi barulah hal tersebut jadi pengalaman pertama untuk kebanyakan mahasiswa (silahkan pikirkan apa kira-kira yang baru pertama kali kalian lakukan ketika menyusun skripsi).

Namun, perjuangan dalam menyusun skripsi, tidak semudah mengedipkan mata karena membalikkan telapak tangan sudah terlalu mainstream. Hal yang paling utama yang harus kita tempuh adalah menemukan JUDUL SKRIPSI. Disinilah langkah awal yang benar-benar membingungkan.

Jadi, buat kalian yang butuh pencerahan tentang judul apa yang akan bahas. Berikut beberapa tips untuk kalian dalam menemukan judul skripsi.

Langkahkan kakimu menuju PERPUSTAKAAN


 Tips pertama, sering-seringlah ke perpustakaan. Karena disitulah banyak referensi yang dapat kamu temukan seperti SKRIPSI seniormu yang telah berhasil menyelesaikan perjuangannya itu. So, kamu bisa melihat apa saja sih metode, aplikasi, dan hal-hal lainnya yang kamu butuhkan jika ingin menggunakan metode A atau B atau C.

Mintalah saran pada Dosen, Senior, atau Temanmu

 Kamu bisa mendapat pencerahan dengan bertanya kepada dosen, senior, atau teman kamu. Kalian bisa saling sharing.
Ketika bertanya kepada dosen, dia akan menyarankanmu untuk menggunakan suatu metode, atau menggabungkan beberapa metode. Dosenmu juga bisa memberikanmu judul yang kira-kira bisa kamu taklukkan. Karena dosen tau batas kemampuanmu
Ketika bertanya kepada senior, dia akan memberikanmu saran beberapa metode yang mudah untuk digunakan. Selain itu kamu mungkin saja bisa melanjutkan penelitiannya.
Ketika bertanya kepada teman, pastikan temanmu itu sedang atau sudah menyelesaikan skripsinya. kenapa begitu, karena jika kamu bertanya kepada dia yang belum mempunyai judul atau dengan kata lain senasib dengan kamu. Itu bisa jadi ajang curhat meratapi nasib sebagai mahasiswa tingkat akhir hahaha. 

Siapkan papan selancar, dan berselancarlah ke GOOGLE

 Manfaatkan teknologi yang ada. Om google hadir memberikan banyak solusi. Sangat banyak referensi disini yang jangkauannya ke seluruh dunia. yups kamu bisa dapatkan jurnal bertaraf internasional.


Tips yang utama, ketika menemukan skripsi atau jurnal sebagai bahan referensimu. Coba cek dibagian SARAN nya. Karena, disitu ada petunjuka untukmu dalam mengembangkan penelitian itu.


Demikianlah postinganku ini. Semoga bermanfaat :)


 "Malu bertanya, berarti jalan terus. Siap-siap tersesat. Ingatlah manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Bertanyalah karena kamu juga memiliki keterbatasan. Peta, papan petunjuk ada untuk mengarahkan kita ke tujuan yang akan dicapai."

3 komentar

Google selalu menjadi alternatif referensi ya... :D

Sudah kuduga pasti google jawabanya, hehe :)


EmoticonEmoticon