Depresi

August 22, 2014

Hai kalian sesama bloger & pembaca setia blogku. Baik pembaca yang sering koment maupun yang hanya menjadi pembaca dalam diam :)




Kali ini saya mau menuliskan sesuatu tentang depresi karena sering dimarahi orang tua. Mungkin ini banyak terjadi pada kalian semua atau mungkin tidak karena hidup anda baik-baik saja.

Sebagai anak kita harus selalu berbakti pada orang tua. Terkadang jika kita melawan sedikit saja. Bayangan akan dosa begitu terbayang-bayang.
Setiap orang tua pasti sangat mencintai anaknya bahkan rela mengorbankan nyawanya demi menolong anaknya. Tapi, terkadang tanpa disadari orang tua sering memarahi anaknya dari kecil hingga menuju kedewasaan.

Hal inilah yang menyebabkan banyak depresi terhadap anak. Sehingga memendam rasa sakit yang begitu dalam. Banyak hal yang dirasakan oleh si anak yang sering dimarahi mulai dari ketakutan berbicara terhadap orang lain karena takut dimarahi, takut untuk bertanya, selalu merasa bersalah, kurang bisa bersosialisasi, pendendam, pemarah, dan banyak lagi.
Dimarahi dari kecil, membekaskan memori yang begitu sakit & rasa ingin balas dendam ketika dewasa nanti. Merasa tidak disayang dan dibedabedakan dari kecil buat si anak berpikir kalau orang tuanya "pilih kasih" terhadap saudaranya yang lain.
Mungkin anak belum memberontak & mengungkapkan apa yang dia rasakan. Hingga suatu ketika sakit hati tidak bisa ditahan lagi. Dia hanya bisa berteriak menangis tidak jelas seperti orang gila. Dan orang tuamu masih tidak mengerti dengan apa yang selama ini kamu rasakan. Tertekan akan ketidak adilan. Paling tidak ada harapan jika mereka sadar bahwa anak yang selalu dimarahi mungkin bisa saja akan mengalami gangguan jiwa ketika ia dewasa.

Anak yang sering dimarahi & selalu disalahkan terlalu takut untuk berkembang karena merasa selalu akan salah & dimarahi.
Mungkin orang tua tidak pernah sadar. Tapi taukah anda bisa saja anak yang sering dimarahi selalu berpikir "mereka ingin bunuh diri" semenjak kecil.

Hingga titik batas rasa benci selalu dimarahi akan membuat anakmu mengakhiri hidupnya.
Beruntunglah jika tidak semua anak yang dimarahi berpikiran demikian.
Anak selalu berusaha melakukan segalanya dengan baik. Tapi, jika orang tua merasa itu salah. Jangan asal memarahi. Berilah nasihat dengan baik. Dan juga jangan asal menuduh seolaholah semua kesalahan & keburukan anak karena pengaruh pergaulan. Bercerminlah anda sebagai orang tua. Apakah sikap anda sudah adil? Apakah cara anda mendidik sudah benar?

Selalu memarahi anak = menjerumuskan anak ke masalah kejiwaan

You Might Also Like

0 komentar

Like pi